Go abroad with Gotravindo! (2)

0

Hai! 

Karena menurut aku entri sebelumnya sudah terlalu panjang, hadir lah Go abroad with Gotravindo part II visit Thailand, land of smiles!



Selama perjalanan, kalau diperhatikan disepanjang jalanan Bangkok itu banyak banget foto Raja Ratu Thailand dengan pigura yang besar-besar banget. Phi Lutfee jelasin deh. Thailand merupakan negara kerajaan yang Rajanya memiliki masa pemerintahan terlama di dunia, sudah 70 tahun lamanya loh! Raja Bhumibol sekarang usianya 88 Tahun, Ratu Sirikit 84 tahun. Bendera yang dikibarkan di jalanan-jalanan Bangkok juga ada 3. Pertama, bendera Thailand, bendera raja warna kuning sama bendera ratu warna biru. Masyarakat Thailand pun benar-benar menghargai Raja Ratu mereka. Bahkan ada skyscraper gitu terus ada iklan digital gitu yang muter-muter (bingung jelasinnya wkwk) tulisannya "LONG LIVE KING" di kaca taksi bagian depan ada pula tulisan kayak gitu. Waw! 

nb: turut berduka cita atas wafatnya Raja Bhumibol, may he rest in peace.. 





Nah kembali lagi ke asiatique. Jadi, asiatique itu semacam pasar malam gitu. Di Asiatique kita bakalan ada edu challenge. Jadi, edu challenge yang pertama itu kita ditantang untuk ngejualin clutch batik yang emang sengaja di bawa PIC Mbak Dini buat edu challenge ini. Kita dibagi menjadi 3 kelompok. Nah, yang berhasil ngejualin paling mahal yang menang! Hahaha

Nah, Asiatique The Riverfront ini tempat yang banyak wisatawan asingnya. Jadi, tempat edu challenge sengaja di pilih disini. Asiatique bertempat di tepian sungai Chao Praya yang terdapat Bangkok's Eyes atau bianglala yang besar banget. Nah, dari kejauhan udah keliatan kan itu, dari jauh juga aku pengen tuh naik itu. Tapi, karena harganya yang lumayan mahal 250 THB atau sekitar 100.000 IDR, jadinya gk jadi deh wkwk. 

 
Kelompok aku sendiri terdiri dari Aku, Mbak Icha, Mbak Azka, Mbak Sabrina. Nah, strateginya kita cari yang mukanya ramah sama lagi selow gitu kan dan tawarin harga setinggi-tingginya haha lumayan karena hasilnya bakalan kita bagi berempat, nah ketemu sama mbak-mbak lagi duduk. Kita samperin dan jelasin tujuan kita. Ternyata dia orang Thailand aku lupa namanya hehe dan dia mau beli clutch kita seharga 300 THB atau 120.000 IDR, gila seneng banget gak sih! wkwk. Katanya dia sama-sama student jadi dia tau rasanya jadi kita gimana, aku terharu Phi! 

left to right: Mba Azka, Mba Sabrina, Phi yang baik hati, Mbak Icha, Q.

Alhamdulillah dipercobaan pertama kita langsung berhasil. Untuk di edu challenge kedua kita ditantang untuk mewawancarai dua turis lokal dengan tema education. Edu challenge kedua kita dapat kesulitan nih buat nemuin orang yang mau kita wawancarain. 
 
*dari jauh bisik-bisik* "itu kah itu kah"
*terus diliatin sinis sama turis* muka asia sih entah turis atau orang Thailand sendiri.
"Excuse me, can i have your time?"
Kemudian di tolak mentah-mentah:) 

Nah, terus kita ketemu sama ayah dan anak yang lagi duduk-duduk di depan bianglala. Kita kenalan sama keduanya terus kita wawancarain anaknya, Wira dari Dubai yang lagi on vacation di Bangkok. Ternyata, dia masih anak SMA loh! High schooler~


Nah, dibawah ini ada cuplikan video wawancara sama Wira, tapi suaranya kurang jelas jadi better using ur earphone ya, dan juga karena ada live musik disitu hehe


Setelah berkali-kali ditolak nih capek banget dong ya, secara dari pagi udah beraktivitas, ea, ahkirnya ketemu sama bule yang lagi sendirian aja nyantai duduk-duduk. Kita jelasin lagi maksut dari kedatangan kita, dan karena aku lupa juga siapa namanya sebut saja Mr. X hehe dari Germany. Nah, yang buat kita shock nervous dan sebagainya ternyata dia adalah seorang guru dimana tema wawancara kita education wkwk. Nah, aku yang juga tugasnya dokumentasi ((iya jadi selama wawancara itu harus di rekam gitu)). Terus, Mr. X kaget tuh kok dia di shoot, aku juga kaget kan, jadi kita sama-sama kaget. wkwkwk. Jadi setelah aku jelasin gimana-gimananya, kita deal dia mau di shoot tapi gak mau kalau dipublikasin, like masukin youtube gitchu. Deal! Problem solved. Karena tujuan dokumentasi ini cuma buat bukti buat PIC aja. Jadi disini aku cuma bisa nunjukin foto aja, demi kebaikan bersama hahaha.


Dari hasil keliling sana sini, menurut aku kalau kalian mau ngomong bahasa inggris gitu aku saranin tidak sama orang Thailand karena kebanyakan kurang mengerti. Bahkan ada satu mas-mas Thailand yang waktu kita bilang mau wawancara tentang pendidikan gitu dia malah nyebutin nama-nama universitas di Thailand............................. no offense every1 

Nah, setelah itu kita balik ke Hotel. Oh iya, jadi selama disana kita-kita tidur di The Seasons Bangkok Hua Mark. Tepar banget, bdw! 

Hari selanjutnya kita pada kesiangan nih, habis hari pertama kita capek banget kan. Sudah jam 7 tapi yang sudah sarapan baru Mbak Windy sama Mbak Ella wkwk.

Tujuan kita-kita di hari selanjutnya yang pertama, kita ke Ao Mahachai Mangrove Forest. Dari hotel ke Ao Mahachai itu lumayan jauh karena terletak di pinggir kota Bangkok gitu, sepanjang perjalanan pada tidur deh termasuk aku wkwk. Nah, sesampainya tujuan awal kita sih mau bercocok tanam tapi karena ada kendala jadinya batal diganti dengan games. Gamesnya berkelompok dua-dua, jadi kita-kita ditantang buat explore Ao Mahachai. Kita ambil gambar dan ada caption yang melatarbelakangi foto tersebut. 




Full team captured by Phi Lutfee.
Nah, dari Ao Mahachai kita-kita terus itu ke Gems Gallery Internasional Manufacturer. The world's biggest jewelry store. Tempatnya mewah banget menurutku wkwk. Awal masuk dapat welcome drink terus langsung digiring kayak ke tempat nonton film sejarah gems gallery ini dan filmnya berbahasa Indonesia! Gak cuma filmnya tapi pegawai-pegawainya juga sedikit bisa berbahasa indonesia haha. Disitu tempat penjualan sekaligus tempat pembuatannya jadi satu. Sangat tidak dianjurkan untuk beli oleh-oleh disini karena mahal tenan wkwk. Yah, namanya juga toko permata. Harga perhiasan termurah disana 100.000 IDR, yang mahal? Banyak wkwk. Mereka juga gak cuma jualan permata tapi juga tas dari kulit asli seperti buaya yang kalau dirupiahkan itu berjuta-juta



Ada semacam lounge and barnya juga, loh!



Habis ngadem sama cuci mata kita-kita lanjut ke BigBee, Bee Professional of Thailand. Nah, disini kita masuk keruangan gitu buat dikenalin macam-macam produk mereka serta manfaatnya. Dikasih minuman gratis juga, es madu, serius enak banget manisnya pas banget gitu wkwk. Nah, ada sedikit cuplikan video yang menurut aku bakal membantu kalian memilih mana madu yang bagus. 



Oh iya, Pembicaranya entah orang Indonesia atau bukan tapi bahasa Indonesianya pinter banget. Bisa di check disini buat yang mau tau dan berminat sama madu Bigbee. Selain madu, Bigbee juga punya produk lain seperti coklat sama balsem yang mengandung madu. Ada testernya juga loh

BigBee's icon, cuaned!



Nah, selesainya dari BigBee masih sore gitu tapi schedule udah selesai jadi setelah lobby sama Phi Lutfee ahkirnya kita ke MBK Center deh! Seneng dong ya shopping, gak di Indonesia gak di Thailand pada hobby ngemall haha. Habis ngemall balik hotel dan............. packing:((

Fyi nih, aku sendiri sengaja bawa tas kosong gitu buat bawa oleh-oleh niat banget ya? wkwk. Tapi, tetep aja waktu packing keringetan bingung gimana biar muat semua baju dan belanjaan wkwk. 

Besoknya nih closing ceremony di kamar Mbak icha, Mbak Devia, Mbak Nia. Jujur disini sedih. Closingnya dari pengumuman juara educhallenge, Ode yang suara bagus nyanyi lagu leaving on a jetplane, kita-kita semua nyanyi rayuan pulau kelapa dan asli disini merinding! Rasa nasionalisme langsung meningkat 100% dan berharap kedepan semoga kita-kita suatu hari nanti bisa menjadikan dan memberi yang terbaik untuk Indonesia, ya! Mbak Dini nangis waktu speech:((

educhallenge 1st place. Yay!

ITYCEP 2016!
Terimakasih kasih buat Gotravindo yang sudah memberi aku kesempatan untuk mempelajari banyak hal, menambah pengalaman dan memberikan semangat untuk membangun negeri sebagai generasi penerus bangsa. Terimakasih juga semua participants dan PIC yang  sudah menemani selama di Bangkok. Aku yang dari UII sendiri, yang awalnya yang gak kenal siapa-siapa, hikz, seneng bisa kenal sama kalian yang datang dari berbagai daerah dan universitas di Indonesia. Sukses terus teman-teman!





Nah, buat yang penasaran keseluruhan aktivitas ITYCEP ini bisa liat official after movie diatas atau klik disini.

Bangkok,
Banyak pengalaman dan pelajaran yang aku dapatkan dalam waktu singkat di Bangkok.
Bangkok,
Please give me another chance to explore you more and more, i'll be back as soon as possible.. okay?;)

Cheers!
 

0 komentar:

Posting Komentar